Apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang bagaimana caranya mempromosikan Facebook Fan Page? Atau mungkin Anda juga kerap bertanya, “Apa saya butuh Facebook Fan Page?”. Berikut ini adalah alasannya, saat ini Facebook menduduki peringkat kedua di Alexa. Situs jejaring sosial ini hanya kalah trafficnya dari mesin pencari raksasa, Google.
Ini berarti Facebook page Anda akan diindex lebih cepat oleh Google dan
beberapa search engine lainnya. Jadi jika Anda belum punya fan page,
kenapa tidak segera membuatnya. Berikut adalah cara-cara yang bisa
diadopsi untuk mempercepat perkembangan fan page Anda.
1. Invite People From Your Facebook Friend Lists
Punya teman pribadi atau teman sekolah yang dipisahkan dalam list
tersendiri di Facebook home page? Anda dapat mengundang teman yang ada
dalam list ini dalam bentuk grup untuk bergabung ke dalam Fan Page Anda
tentunya selain dengan cara konvensional alias mengunadng mereka satu
persatu. Saat Anda meng-klik “Suggest to Friends” dalam Fan Page, segera
ketik nama yang ada dalam friend list Anda. Cara ini otomatis akan
mengirim undangan Fan Page ke seluruh teman sekolah yang ada dalam list.
Mungkin nama mereka tidak akan langsung muncul dalam Fan Page Anda.
Namun usah risau, sebab memang membutuhkan waktu untuk menjawab
invitation tersebut. Saat menambah fans ke network, jangan lupa untuk
mengulang cara yang sama. Nama orang yang sudah di-invite akan berubah
menjadi abu-abu.
Fitur Facebook Search paling terkini membuat Anda bisa menyimak
conversation antar teman sekaligus menunjukkan update status. Bahkan
fitur ini juga memiliki pilihan “Posts by Everyone” yang akan
menghadirkan perbincangan dari orang-orang yang berada di luar jaringan
Anda. Setelah memasukkan kata pencarian, maka akan muncul tulisan “Post
by Everyone”. Misalkan Anda mengetik kata “beli rumah” di kolom
pencarian. Jika kata kunci ini sesuai dengan apa yang Anda jual di Fan
Page maka fitur facebook Search akan sangat berguna.
Contoh, ada orang yang berencana untuk membeli rumah dan mencantumkannya
di statusnya, maka ini merupakan calon klien potensial bagi Fan Page
sebuah perusahaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).
3. Attrack People With Facebook Social Ads
Social ads merupakan sebuah iklan yang ada samping halaman Facebook
Anda yang juga akan menunjukkan interaksi yang telah dilakukan oleh
teman Anda dengan iklan tersebut. Aksi ini mungkin akan berbunyi “Steven
is now a fan of The Goldfinger. Would you like to become a fan too?”
Strategi ini memang membutuhkan budget tersendiri, namun sangat efektif
untuk menemukan pangsa pasar Anda. Anda perlu menggunakan kata kunci
yang tepat untuk melakukan pencarian di Facebook. Jika mulai meng-klik
“Promote With an Ad” untuk Fan Page Anda, maka berarti Anda telah
memulai kampanye. Selain bisa menentukan tarif harian sebesar $10, $20
atau beberapa pilihan tarif lainnya, Anda juga bisa beriklan secara
periodik. Maksudnya, iklan tersebut bisa dibatasi waktu penayangannya.
Bisa satu, dua atau tiga hari.
4. Facebook Fan Page Twitter App
Aplikasi ini akan menghubungkan antara Fan Page di Facebook dengan
akun Twitter yang Anda miliki. Jadi saat Anda memposting status update,
link atau bahkan foto di Facebook Fan Page, maka secara otomatis status
tersebut juga akan muncul (dengan link yan dipersingkat) di akun Twitter
Anda. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan traffic dari sumber
lain ke halaman Anda.
5. Facebook Fan Box Widget
Ini adalah sebuah fitur yang dapat dimasukan ke blog atau situs yang
Anda miliki. Widget tersebut juga halal digunakan untuk memamerkan
jumlah fans yang Anda miliki dan mengijinkan orang lain menjadi fans
secara instant. Ini hanyalah salah satu cara untuk mempromosikan Fan
Page ke beberapa social media dan sangat penting agar orang mengetahui
Fan Page, blog atau website Anda di network.
http://peoplemeetme.com/5-cara-mempromosikan-facebook-fan-page.html
Posting Komentar